KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KAB. BANGLI


Drs. I Dewa Made Nida Udyana.M.Pd.H
NIP. 19631231 199001 1 001

Rabu, 27 April 2011

PERAYAAN DHARMA SANTI KEMENAG KAB. BANGLI

Puncak perayaan Hari Raya Nyepi Kantor Kementerian Agama Kab. Bangli yang diselenggarakan di Aula Yayasan Gurukula Kabupaten Bangli pada tanggal 31 Maret 2011 mengangkat tema "Melalui Dharma Santi Kita Tingkatkan harmonisasi Kerukunan Umat Beragama" dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali beserta ibu dan sejumlah pejabat Kanwil Agama seperti, Kepala Bidang Urusan Agama Hindu serta Kasubag Humas Kanwil Agama Prop. Bali




Bapak Kakanwil Agama Prop. Bali Menyampaikan bahwa Umat Hindu melaksanakan Dharma Santi setelah menyelesaikan seluruh rangkaian upacara keagamaan dalam menyambut Nyepi, yakni Melasti, Tawur Agung Kesanga, Pangerupukan, Brata Penyepian, dan Ngembak Geni.

Begitu pula menurut tuan rumah penyelenggara Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bangli , Dharma Shanti dilaksanakan untuk mewujudkan perdamaian di antara sesama umat manusia, karena melalui acara ini, umat Hindu diajarkan untuk dapat saling memaafkan dengan hati dan pikiran yang suci dan ikhlas.

Beliau mengatakan, kegiatan penutup dari seluruh rangkaian perayaan Nyepi ini sekaligus menjadi pembuka yang baik bagi umat dalam memasuki tahun yang baru.

Melalui seluruh rangkaian perayaan Nyepi, umat Hindu melaksanakan falsafah hidup Tri Hita Karana, atau tiga sumber kesejahteraan. Falsafah itu mengajarkan bahwa manusia hanya dapat mencapai kesejahteraan hidup apabila menyelaraskan hubungan dengan Tuhannya, hubungan dengan alam lingkungannya, dan hubungan dengan sesamanya.(Gz.K)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar